Oct 1, 2014

Instalasi Django, Framework Web Python

Apa Itu Django?

Ini bukan judul film koboi yang pernah kamu tonton. Django adalah framework web berbasis Python. Framework ini sudah populer sebelum filmnya muncul di bioskop, dan sekarang menyaingi kehebatan framework Rails yang berbasis Ruby. Karena Django itu hebat, maka sangat patut untuk dikuasai. Untuk mulai menguasai Django, kita harus menguasai terlebih dahulu cara menginstal Django.

Requirement

Pastikan kamu telah menginstall Python sebelum mengikuti tutorial ini. Versi Python yang direkomendasikan adalah versi 2.7 ke atas.

Instalasi

pip
Karena pengembangan web menggunakan Django banyak berinteraksi dengan terminal, tentunya akan lebih mudah apabila kamu dapat mengunduh Django tanpa meninggalkan jendela terminal kamu. Selain itu kamu juga dapat menginstall plugin Python dengan mudah melalui pip. Untuk menginstal pip, berikut langkah-langkahnya :

  1. Unduh script get-pip.py. Simpan script tersebut di direktori mana saja. Sebagai contoh, saya menyimpan fail script-nya di D:\tutorial_python\.
  2. Buka terminal kamu, masuk ke direktori tempat menyimpan script yang tadi.
  3. Pada jendela terminal kamu, ketik sudo python get-pip.py untuk pengguna Mac atau Linux. Sedangkan untuk pengguna Windows, buka command prompt dengan mode administrator lalu ketik python get-pip.py.
  4. Apabila proses install sudah selesai, ketik pip -V. Perintah tersebut akan mengeluarkan output berupa versi pip yang diinstal apabila proses instalasi pip tidak error.
  5. (Untuk pengguna windows) Apabila perintah pip -V tidak dikenali pada terminal/command prompt kamu, tambahkan C:\PythonXX\Scripts\ pada PATH (ganti XX dengan versi Python yang kamu install).

virtualenv
Django sangat cepat update-nya. Hampir tiap bulan akan ada rilis versi terbaru. Hal ini bisa saja menimbulkan kodingan kamu menjadi error karena ada beberapa fungsi Django yang diubah atau dihapus pada versi terbarunya. Dengan virtualenv, kamu dapat menginstal lebih dari satu versi Django pada satu komputer sehingga kamu tidak perlu khawatir aplikasi web kamu error karena update. Berikut langkah-langkah menginstall virtualenv :

  1. Buka lagi terminal kamu, ketik pip install virtualenv.
  2. Setelah proses instalasi selesai, ketik pip freeze. Perintah tersebut akan mengeluarkan output berupa daftar plugin yang telah terinstall. Apabila terdapat virtualenv pada output tersebut, maka instalasi virtualenv berhasil.
  3. Selanjutnya masuk ke direktori manapun yang kamu kehendaki.
  4. Ketik virtualenv django17. Perintah tersebut akan membuat folder virtual environment pada direktori kamu dengan nama django17. Nama dapat diganti sesuai keinginan kamu.
  5. Setelah proses selesai, masuk ke direktori django17 lalu ketik .\Scripts\activate untuk mengaktifkan virtualenv. Untuk menonaktikannya, ketik .\Scripts\deactivate.

Django
Setelah instalasi virtualenv berhasil dan kamu telah membuat folder virtual yang baru, maka kamu sudah dapat menginstal Django. Berikut langkah-langkah menginstal Django :

  1. Pastikan kamu telah berada pada direktori virtual yang sudah diaktifkan.
  2. Ketik pip install django==1.7 untuk menginstall Django dengan versi 1.7. Apabila kamu ingin menginstall versi terbaru dari Django, ketik pip install django.
  3. Setelah proses instalasi selesai, ketik pip freeze untuk mengetahui apakah Django sudah berhasil terinstall pada folder virtual.
  4. Ketik python .\Scripts\django-admin.py startproject myproject untuk membuat projek Django baru dengan nama ‘myproject’.
  5. Ketik cd myproject untuk masuk ke dalam direktori projek. Setelah itu ketik python manage.py runserver untuk menjalankan server Django.
  6. Buka http://localhost:8000 pada browser kamu. Apabila terlihat halaman Django, maka kamu telah berhasil membuat projek baru Django.

Kata Penutup

Bagi kamu yang telah berhasil menginstall Django, selamat! Kamu dapat langsung menjelajahi dunia Django lebih lanjut. Bagi yang belum berhasil, jangan bersedih. Banyak jalan menuju roma, silakan bertanya melalui kolom komentar yang tersedia.